Pentingnya Keanekaragaman Hayati Laut



0 komentar
     Keanekaragaman Hayati Laut merupakan semua keberagaman bentuk yang ada di permukaan maupun laut dalam, termasuk interaksi antarjenis, populasi maupun dengan habitat serta lingkungannya. Keanekaragaman Hayati Laut dibedakan menjadi tiga tingkat yaitu;

1. Keragaman Genetik laut

   keragaman genetik laut terfokus pada perbedaan  informasi genetis yang berada di dalam masing-masing individu, baik tanaman, hewan maupun mikriorganisme laut.

2. Keragaman spesies Laut

   Bertumpu pada variasi spesies yang berada dilautan.

3. Keragaman ekosistem laut

   Untuk keragaman ekosistem, khususnya berkaitan dengan perbedaan habitat, komunitas, hingga perbedaan ekologi atau ekosistem lautan.


  Manusia mendapatkan sebagian besar makanan dan berbagai bahan obat-obatan dari lautan. Ikan sebagai hasil utama laut, memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan manusia bila dikonsumsi. Hasil laut juga dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Sebagai contoh, berbagai jenis alga telah menjadi bahan baku kosmetik dan antibiotika. Pesisir lautan juga mempunyai sejumlah fungsi baik untuk manusia maupun alam sekitarnya diantaranya;

 1. Daerah pelindung terhadap gelombang laut dan arus laut.
 2. Tempat untuk daur ulang  unsur-unsur hara yang penting
 3. habitat berbagai satwa maupun flora
 4. sarana rekreasi
 5. sumber penghasil kayu

  Keanekaragaman Hayati Laut mempunyai nilai vital dalam menjaga keseimbangan ekosistem, secara makro maupun mikro. Sehingga tidak terjadi kepunahan. Keberadaan lautan sebagai penyeimbang siklus hidrologi mampu mempertahankan eksistensi air terhadap kehidupan seluruh spesies di muka bumi.

0 komentar:

Poskan Komentar

newer post older post