Lahan Basah dan Hutan primer



0 komentar
  Lahan basah atau wetland (Ingg.) adalah wilayah-wilayah di mana tanahnya jenuh dengan air, baik bersifat permanen (menetap) atau musiman. Wilayah-wilayah itu sebagian atau seluruhnya kadang-kadang tergenangi oleh lapisan air yang dangkal. Yang digolongkan sebagai lahan basah diantaranya adalah rawa-rawa, paya, dan gambut. Air yang menggenangi lahan basah digolongkan kedalam air tawar, payau, atau asin. lahan basah memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi dibanding dengan kebanyakan ekosistem. Di atas lahan basah tumbuh berbagai tanaman macam tipe vegetasi(masyarakat tetumbuhan) seperti hutan rawa air tawar,
hutan rawa gambut, hutan bakau, paya rumput. Margasatwa penghuni lahan basah juga tidak kalah beragamnya, mulai dari yang khas lahan basah seperti buaya, kura-kura, biawak, ular, aneka jenis kodok, dan berbagai macam ikan; hingga ke ratusan jenis burung dan mamalia, termasuk pula harimau dan gajah. Banyak lahan basah yang merupakan lahan subur, sehingga sering dibuka, dikeringkan dan dikonversi menjadi lahan pertanian. Di banyak negara lahan basah ini diawasi dengan ketat.

Hutan primer

  Hutan primer (primary forest) adalah hutan yang telah mencapai umur lanjut dan ciri struktural tertentu yang sesuai dengan kematangannya; serta dengan demikian memiliki sifat-sifat ekologis yang unik.[1]. Pada umumnya hutan primer berisi pohon-pohon besar berumur panjang, berseling dengan batang-batang pohon mati yang masih tegak, tunggul, serta kayu-kayu rebah. Robohnya kayu-kayu tersebut biasa membentuk celah atau rumpang tegakan, yang memungkinkan masuknya cahaya matahari ke lantai hutan, dan merangsang pertumbuhan vegetasi lapisan bawah. Hutan primer yang minim gangguan manusia biasa disebut hutan perawan. Hutan ini juga dikenal dengan nama lain seperti old-growth forest, ancient forest, virgin forest, primeval forest, frontier forest, atau di Britania Raya, ancient woodland. Hutan primer yang terancam kelestariannya oleh sebab kerusakan habitat yang diakibatkan olek pembalakan hutan. Hutan primer seringkali dijadikan rumah bagi spesies tumbuhan dan hewan yang langka, rentan atau terancam punah. Keanekaragaman hayati di hutan primer lebih tinggi atau lebih rendah bergantung pada kondisi lokal, lingkungan, letak geografisnya.

0 komentar:

Posting Komentar

newer post older post